Bupati Bojonegoro Launching Kartu Petani Mandiri

oleh -319 views
Launching Kartu Petani Mandiri di Lapangan Desa Ngujung, Kec Temayang Kab Bojonegoro (23/07/2019)

Bojonegoro| grees.id РBupati Kabupaten Bojonegoro, Anna Muawannah melaunching  Kartu Petani Mandiri (KPM) di lapangan Desa Ngujung, Kecamatan Temayang, Selasa (23/7/2019). Kartu Petani Mandiri (KPM) merupakan salah satu dari tujuh belas program Pemkab bojonegoro.

Dalam acara launching KPM ini dihadiri Para Kepala SKPD, Forkopimda, serta 2000 petani dari perwakilan Kelompok Tani dari 28 Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro.

Dengan Kartu Petani Mandiri ke depannya para petani bisa mengikuti pelatihan, beli pupuk, hasil panen akan dibeli oleh BUMDes masing-masing, asuransi gagal panen dan dapat digunakan untuk mengakses beasiswa.

Bupati Bojonegoro, Anna Muawannah menjelaskan jika ada petani yang belum terdaftar di kelompok tani, bisa membuat kelompok tani dengan tetangganya. Sebab, didalam peraturan sendiri memperbolehkan setiap desa mempunyai lebih dari 1 kelompok tani.

“Tidak ada pembatasan jumlah kelompok tani, silahkan buat, maksimal 25 KK. Para petani juga tidak perlu khawatir tentang penyerapan gabah, nanti akan diserap oleh BUMDes masing-masing, silahkan bicara ke Kades untuk membentuk Bumdes nanti kita juga ada anggaran untuk Bumdes tersebut,” tutup Anna Muawannah

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro, Helmy Elisabeth meminta maaf kepada para petani dan Bupati Bojonegoro lantaran baru bisa melauncing KPM. Sebab, dari Bupati sendiri sebenarnya mengintruksikan sejak lama namun baru bisa terwujud.

“Kita minta maaf baru bisa merealisasikan progam ini, sebenarnya ibu bupati sudah menyuruh sejak awal,” ungkap Helmy Elisabeth dalam sambutannya.[io/sah]

Dikelolah dar beberapa sumber