, ,

EMCL Bersama TROPIS Indonesia dan FOSPORA Lakukan Sosialisasi Program Agrowisata Desa Gayam

oleh -308 views

Bojonegoro – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) TROPIS Indonesia dan Forum Studi Pengembangan Potensi Daerah (FOSPORA) bersama ExxonMobil Cepu Ltd melaksanakan ‘Sosialisasi dan Lokakarya program aksi kemitraan untuk pemberdayaan masyarakat desa Gayam kecamatan Gayam’ di gedung sekretariat Karang Taruna Putra Mandiri Desa Gayam kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro, pada Rabu (18/4/2018).

Kepala Desa Gayam, Winto mengatakan “program apapun dari EMCL harus terlebih dahulu berkordinasi dengan Pemerintah Desa sebelum adanya sosialisasi, karena sebelum ini, pihak pendamping maupun pelaksana dari program lain berkordinasi dengan Pemdes hanya soal jadwal sosialisasi saja. Namun tidak untuk program yang ini, karena sebelum sosialisasi sudah terlebih dahulu berkordinasi dengan pihak Pemdes,” kata Kades dalam sambutannya.

“Harapan kami, untuk program ini harus berkelanjutan, meskipun nanti dari EMCL serta LSM pendamping sudah habis masa kontrak programnya maka program akan diserahkan kepada Desa dan dari Desa akan dilakukan serah terima kepada BUMDes,” harapnya.

Lebih lanjut, Winto mengungkapkan “saya selaku kepala Desa mempunyai cita cita bahwa Desa Gayam kedepannya nanti harus mandiri, mandiri dalam arti berdiri dikaki sendiri tidak bergantung kepada pihak lain dan saya berharap dari program agrowisata ini nanti, Desa bisa mendapat Pendapatan Asli Desa dari Agrowisata tersebut,”.

Senada dengan itu, Ali Mahmud perwakilan dari ExxonMobil Cepu Ltd (EMCL) menjelaskan, bahwa acara sosialisasi tersebut, merupakan bentuk tindak lanjut dari ExxonMobil Cepu Ltd untuk menindak lanjuti usulan dari Desa Gayam yang menginginkan untuk membuat agrowisata.

“saya perwakilan dari EMCL ingin menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi pada hari ini, merupakan bentuk agenda untuk menindaklanjuti usulan dari Desa Gayam yang ingin membuat agrowisata,” jelas Ali sapaan akrabnya.

Selanjutnya, Ali menambah bahwa program tersebut merupakan salah satu upaya dalam mencapai cita cita bersama yaitu Desa Gayam yang mampu untuk mandiri. “intinya apa yang kita lakukan ini merupakan upaya dalam mencapai cita cita kita bersama yaitu terciptanya¬† Desa Gayam yang mandiri,” tambah Ali.

Masih lanjut Ali, “dalam forum ini akan dijelaskan tentang program agrowisata tersebut dengan didampingi oleh dua (2) LSM, yang masing masing mempunyai fokus dampingan yaitu, TROPIS Indonesia fokus dari segi tanaman dan FOSPORA dari segi perairannya,” pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan sosialisasi dari LSM TROPIS Indonesia yang menjelaskan Program Agrowisata dari segi tanamannya dengan diwakili oleh Musadad selaku Ketua TROPIS Indonesia dan Yusuf sebagai Tenaga Ahli kemudian disusul oleh FOSPORA dari segi perairannya dengan diwakili oleh Kamari selaku manajer program dari FOSPORA. [io].

Diolah dari beberapa sumber.