Bawaslu Bojonegoro Deklarasi Desa Anti Money Politik

oleh -782 views
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bojonegoro mengadakan Deklarasikan Desa Anti Politik Uang atau Money Politik, bertempat di Desa Pejambon, Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Bojonegoro, (10/11/2019).

Bojonegoro|grees.id-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bojonegoro mengadakan Deklarasikan Desa Anti Politik Uang atau Money Politik, bertempat di Desa Pejambon, Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Bojonegoro, (10/11/2019).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Pemerintah Desa (Pemdes), tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh pemuda. Tujuan kegiatan tersebut untuk meminimalisir atau menolak money politik, sebab pemahaman masyarakat terkait money politik masih kurang.

Ketua Bawaslu Bojonegoro M. Zainuri dalam sambutannya menuturkan bahwa masyarakat harus diberi pemahaman terkait politik uang atau money politik dan belajar komitmen. Maka Bawaslu Bojonegoro terus menggalakkan dan mendeklarasikan desa anti money politik.

“Kunci keberhasilan dalam Pemilu adalah, komitmen masyarakat, fasilitasi pemerintah, integritas dan profesionalisme penyelenggara pemilu,” kata M. Zainuri.

Lanjut, M. Zainuri menyampaikan bahwa Sosialisasi Desa anti money politik ada tiga hal yang disasar. Yakni desa pengawasan, desa pengawasan partisipatif dan desa anti money politik.

“Maka dengan adanya komitmen dari masyarakat untuk menolak politik uang dalam partisipasi mensukseskan pemilu. Kemudian meminimalisir pelanggaran, hilangnya hak pilih, kampanye hitam, penyebaran hoax dan sara,” tambah M. Zainuri.

pengembangan keterlibatan partisipatif dan upaya pencegahan yang di lakukan Bawaslu sesuai Undang – Undang (UU). salah satunya membuat desa anti money politik. sosialisasi pengawasan partisipatif ini di atur dalam UU nomor 7 tahun 2017, tentang pemilihan umum.(io/sah)

Dikelola dari beberapa sumber