Sosialisasi Program Pengembangan Sekolah Adiwiyata

oleh -1.203 views
Sosialisasi Program Pengembangan Sekolah Adiwiyata

LSM TROPIS Indonesia, Rabu 14 Desember 2016 menggelar kegiatan Sosialisasi Program Pengembangan Sekolah Adiwiyata, kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan di aula kantor Badan Lingkungan Hidup (BLH) kabupaten Bojonegoro.

Program pengembangan Sekolah Adiwiyata ini merupakan program yang digagas oleh LSM TROPIS Indonesia bekerjasama dengan ExxonMobil Cepu Ltd. Sosialisasi ini merupakan rangakaian kegiatan dalam pelaksanaan program sehingga dengan adanya sosialisasi ini lembaga – lembaga penerima manfaat program mengetahui dengan baik arah dan tujuan program serta maksud dan tujuan program sehingga diharapkan program ini berjalan dengan maksimal. Program pengembangan Sekolah Adiwiyata ini sendiri dilaksanakan hanya dua bulan, sehingga butuh kerja cepat dan tepat.

Program Pengembangan Sekolah Adiwiyata di Kabupaten Bojonegoro adalah program menciptakan kondisi sekolah yang nyaman, aman, bersih, sejuk dan harmonis, khususnya untuk kebutuhan belajar peserta didik. Secara alamiah peserta didik menjadi generasi yang peduli dan berbudaya lingkungan, sekaligus mendukung dan mewujudkan sumberdaya disekitar sekolah sehingga siswa sadar terhadap perkembangan ekonomi, sosial, dan lingkunganya dalam mencapai pembangunan berkelanjutan khusunya di Kabupaten Bojonegoro.

Lembaga pendidikan dalam hal ini Sekolah mempunyai peranan yang sangat besar dalam mendidik dan menjadikan generasi penerus bangsa yang berbudaya peduli lingkungan, saat ini dunia seakan khawatir dengan kondisi alam yang sangat mempengaruhi keberlangsungan makhluk hidup dimuka bumi, dunia telah berubah dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang membawa dampak terhadap lingkungan hidup. Membangun kesadaran peduli lingkungan menjadi hal yang harus diperhatikan dan diberikan porsi lebih oleh lembaga pendidikan.

Kegiatan sosialisasi program ini merupakan kick of awal dari pelaksanaan program kepada penerima manfaat yaitu sekolah – sekolah yang terpilih, sebelum itu TROPIS Indonesia juga sudah mengawali program ini mulai dari diskusi – diskusi serta kajian – kajian internal dan komunikasi dengan stackholder yang nantinya terlibat dalam rangka mensukseskan program ini.

Sosialisi ini diikuti oleh perwakilan dari 10 Sekolah tingkat SMP dan SMA Bojonegoro yang hadir yaitu kepala sekolah dan ketua tim pelaksana adiwiyata sekolah, sekolah yang hadir diantaranya SMKN PURWOSARI, SMAN 1 KALITIDU, SMPN 3 BOJONEGORO, SMPN 1 BOJONEGORO, SMPN 5 BOJONEGORO, SMAN 1 BOJONEGORO, SMPN 4 BOJONEGORO, SMPN 1 SUMBERREJO, SMKN 4 BOJONEGORO dan SMPN 2 BALEN.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh ExxonMobile Cepu Ltd dan Kepala BLH Bojonegoro dan jajaranya. Perwakilan dari ExxonMobile Cepu Ltd, Ikhwan. Dalam sambutanya memaparkan bahwa program yang diinisiasi oleh TROPIS Indonesia ini merupakan program yang mempunyai manfaat dan dampak yang sangat besar bagi lingkungan hidup sehingga perlu didukung dan support oleh semua pihak kususnya Exxon Mobil Cepu Ltd.

Sedangkan Kepala BLH Bojonegoro, Elsa. Mengungkapkan bahwa rasa terimakasih kepada TROPIS Indonesia yang telah menggagas program ini, karena semakin banyak yang ikut andil dalam menjaga dan melestarikan lingkungan semakin baik. Beliau juga berpesan bagi sekolah – sekolah yang mendapatkan pendampingan dari tim TROPIS Indonesia untuk tidak menyia – nyiakan kesempatan ini. (*)